8 Tips Eksis di Instagram Live

Berbeda dengan siaran langsung di Facebook Live atau Periscope yang bisa ditonton ulang, Instagram Live hanya bisa disaksikan follower kita saat itu juga.

Nah, mengingat di Instagram Live kita benar-benar berbagi mome secara real time, beberapa tips berikut seperti dikutip dari Pop Sugar, mungkin bisa membantu agar kalian makin eksis.

1. Sembunyikan live video dari orang-orang yang tidak diinginkan.
Sepamer-pamernya orang di media sosial, tetap saja ada beberapa teman yang tak diinginkan untuk melihat update kita. Tenang, Instagram menyediakan opsi untuk menyembunyikan konten Instagram Stories dan Instagram Live dalam beberapa langkah saja.

Lihat Profile > Story Settings > Hide Story From > kemudian pilih orang yang dituju agar tidak melihat update kita.

2. Saring komentar yang akan ditampilkan.
Namanya siaran langsung, komentar-komentar yang berlebihan bahkan tidak pantas bisa saja mampir. Untungnya, kita bisa mengontrol komentar mana yang bisa ditampilkan.

Caranya, kunjungi Profile > Comments lalu pilih di antara dua opsi. Yang pertama, menyembunyikan komentar berisi kata atau frasa yang sering dilaporkan sebagai komentar ofensif.

Yang kedua, kita bisa menambahkan keyword sendiri yang nantinya akan secara otomatis menandai dan menyembunyikan komentar yang tidak diinginkan.

3. Tak perlu buru-buru saat akan tampil.
Sebelum live, Instagram akan mengecek koneksi dan menghitung mundur dalam tiga detik sebelum kita mulai. Jadi kita masih punya beberapa detik untuk bersiap-siap.

4. Pin komentar yang disukai.
Dari sejumlah komentar, tentu akan ada di antaranya yang Anda sukai. Entah karena komentarnya lucu, menarik atau inspiratif. Kita bisa mengapresiasi si pemberi komentar dengan melakukan pin pada komentarnya.

Ketika komentar tersebut muncul, tap kemudian pilih 'Pin Comment'. Kita bisa meng-unpin-nya setiap saat dengan melakukan tap pada komentar dan mematikannya.

5. Matikan komentar
Untuk konten tertentu, mungkin Anda ingin live video tidak diganggu komentar sama sekali. Untuk itu, kita bisa mematikan komentar sehingga siaran langsung benar-benar bersih dari komentar.

Tap tiga titik di sudut kanan bawah bertuliskan 'Comment' dan akan muncul opsi untuk mematikannya.

6. Matikan notifikasi Instagram Live orang lain
Jika tak ingin terganggu dengan notifikasi sejumlah orang yang Live, mute saja. Untuk melakukannya, tekan lama foto profil akun orang yang dituju yang tampil di bagian atas feed kita.

Akan muncul pop-up window yang menampilkan pilihan untuk mute. Fungsi ini membuat kita tidak akan lagi melihat Instagram Stories dan Live video mereka.

7. Siaran selesai
Apapun yang Anda rekam untuk Instagram Live, orang-orang hanya bisa melihatnya saat siaran langsung.

8. Simpan video
Beberapa pengguna akan merasa sayang jika momen siaran langsung hilang begitu saja. Karenanya, Instagram pun merilis kemampuan untuk menyimpannya.

Caranya mudah, ketika siaran berakhir, kita akan menemukan tombol 'Save' di sudut kanan atas. Tinggal tap tombol tersebut, dan video akan otomatis terdownload dan disimpan di ponsel.

Artikel lainnya:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 8 Tips Eksis di Instagram Live