Kata Kata Bijak Islam Tentang Kehidupan Menyentuh Hati

Merenung Bersama Goresan Kata Kata Bijak Islam: Mengingatkan Sekaligus Mengarahkan Ke Jalan Yang Diridhoi Allah SWT. Memang sudah sebuah takdir yang direncanakan dan ditetapkan oleh Allah SWT bahwa semakin hari semakin banyak umatnya yang hampir kehilangan arah. Arah dimana berjalan lurus sesuai koridor syariat dan lupa siapa yang membuat mereka hidup dan merasakan kehidupan. Inilah yang membuat munculnya kata kata bijak islam.

Kata kata bijak islam tentang kehidupan

Bukan untuk mengajarkan, tetapi sebagai pengingat bagi orang-orang yang sudah banyak melanggar syariat Islam. Utamanya, bagi kamu-kamu anak muda yang miskin akan syariat yang harus dilaksanakan. Kata kata bijak islam ini akan dijadikan sebagai pengingat yang modern dan lebih mudah diserap oleh para anak muda.

Kata kata bijak islam untuk kawula muda


Anak muda jaman sekarang sudah sangat banyak yang lupa dan tidak mau tahu tentang syariat Islam. Mereka kalut akan teknologi dan semua tentang keduniawian. Untuk itu, untuk kamu yang masih ingin selamat di dunia dan akhirat haruslah mencari ilmu tentang apa yang baik dan benar menurut Islam, yaitu dengan kata kata bijak islam.

Kata-kata yang dipakai pada kata kata bijak islam merupakan kata-kata yang jelas dan membuat bahasa anak muda kekinian. Sehingga kamu bisa segera menyerap maknanya. Karena syariat Islam tertuang dalam bahasa Arab yang terkandung dalam Al Kitab yang selanjutnya di terjemahkan.

Namun banyak anak muda yang tidak paham, sehingga kehadiran kata kata bijak islam sangat diperlukan. Kamu sebagai anak muda adalah generasi penerus agama Islam. Siapa lagi yang akan meneruskan syariat Islam jika bukan para pemudanya.

Salah satu kata kata bijak islam adalah : ‘ kita tidak akan mengetahui bagaimana meyembahNya sebelum kita memulainya dengan bagaimana cara mencintaiNya”. Dalam kata-kata bijak tersebut mengandung makan jika kamu harus lebih dekat dengan Allah. Karena dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT adalah dengan keyakinan dan rasa cinta yang mendalam serta penuh syukur.

Kata kata bijak islam untuk anak muda lainnya:

* Dalam hidup, kamu akan bertemu orang yg tak ingin kamu bahagia, namun hidupmu bukan tentang keinginan mereka tapi keinginanmu!

* Ketika seseorang menunggumu, tak berarti dia tak ada hal lain untuk dilakukan, itu hanya berarti tak ada yg penting selain dirimu.

* Jangan sesali satu haripun dalam hidupmu, Kenanglah hari baik yang telah memberimu kebahagiaan dan hari buruk yg memberimu pengalaman.

* Kamu mungkin tak cukup baik untuk semua orang, tapi percayalah, kamu akan selalu menjadi yang terbaik untuk orang yg pantas untukmu.

* Terkadang kamu memaafkan seseorang, bukan karena kamu lemah tapi karena kamu menyadari semua orang bisa melakukan kesalahan.

* Lupakan dia yg pernah meninggalkanmu demi orang lain. Meski cinta, jangan biarkan dirimu kembali terluka untuk alasan yg sama.

* Dalam cinta, lebih baik percaya pada apa yg kamu lihat dan apa yg kamu rasa daripada apa yg orang lain katakan.

* Bahagia bukan berarti memiliki segalanya. Bahagia berarti tidak membandingkan milik kita dengan milik orang lain.

* Cinta tidak bisa salah, hubungan bisa. Tidak butuh alasan untuk mencinta, tapi butuh lebih dari alasan untuk menjalin sebuah hubungan

* Jangan sesali sesuatu yang telah berakhir, meskipun itu indah. Tanpa akhir tak akan pernah ada awal baru yang mungkin lebih indah.

* Hidup ini sulit, apa yg kamu inginkan tak akan selalu kamu dapatkan, namun jangan pernah menyerah. Berusaha dan berdoa.

* Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa.

* Setiap orang seharusnya melakukan 2 hal dengan kesungguh-sungguhan : mengerjakan hal yang sangat ia sukai, dan mengerjakan hal yang sangat ia benci.

* Kemarahan adalah keadaan dimana lidah bekerja lebih cepat daripada pikiran, dan tindakan lebih cepat dari nurani.

* Tak ada yang mampu mengubah masa lalu, tapi kamu dapat merusak masa depan dengan menangisi masa lalu dan merisaukan masa depan.

* Kekayaan sejati tidak diukur dari seberapa banyak investasi yang dia lakukan untuk memperoleh uang, tetapi seberapa besar investasi yang dia lakukan untuk memperoleh akhirat.

Kata kata bijak islam untuk umat di segala bidang


Agama adalah tiang kehidupan manusia. Ya, memang benar. Agama mengatur semua tentang manusia dan kemaslahatannya. Agama merangkul semua bagian dalam kehidupan manusia. Hampir semua hal tentang manusia. Untuk itu tercetuslah kata kata bijak islam sebagai pengingat manusia yang banyak melakukan kesalahan dalam hidup.

Berikut kata kata bijak islam untuk umat di segala bidang:

"Dia adalah dzat yang menciptakan mata nyamuk dan menciptakan matahari dengan satu kalimat saja"

Makna : Tak ada bedanya, baik besar maupun kecil suatu ciptaan, sangat Mudah bagi Allah untuk membuatnya

"Kita dihukum karena dosa kita bukan dosa mereka"

Makna : Setiap perbuatan yang kita lakukan akan kita pertanggungjawabkan

"Tanpa keyakinan tidak ada yang mungkin, namun dengan keyakinan tidak ada yang tidak mungkin"

Makna : Keyakinan akan menumbuhkan rasa optimisme yang tinggi

"Dunia berubah, namun jiwa tetaplah jiwa dan Tuhan tetaplah Tuhan"

Makna : Meski keadaan dunia berubah, namun makhluk tetaplah makhluk dan Khalik akan menjadi Khalik selamanya

"Ilmu lebih baik daripada harta. Ilmu menjaga kita sedangkan kita menjaga harta"

Makna : Harta akan berkurang bila dibelanjakan sedangkan ilmu akan terus bertambah melebihi yang kita bagikan

Kata kata bijak islam untuk ilmu pengetahuan


Salah satu dari contoh kata kata bijak islam untuk bidang pengetahuan umat adalah “Pengetahuan hanyalah setengahnya. Keimanan adalah bagian setengahnya lagi yang akan menjadikannya satu”. Ini menandakan bahwa pengetahuan manusia di dunia tidak sebanyak keimanan yang dimilikinya. Jadi orang yang sudah banyak dan luas pengetahuannya tidak boleh sombong. Menuntut ilmu itu wajib, karena menuntut ilmu adalah kesempatan yang diberikan Allah untuk memperbaiki kualitas umatnya. Namun kamu jangan sampai lupa dengan Sang Pemberi ilmu. Yakin bahwa Allah akan membantu kita untuk mendapatkan ilmu yang berkah.

Selain itu, Islam juga mengajak para umatnya untuk menuntut ilmu sejak kecil karena ilmu itu akan terus dibawa sampai kapan pun. “Ilmu pengetahuan di waktu kecil itu bagaikan sebuah ukiran di atas batu”. Kata kata bijak islam ini yang berisi perumpamaan juga akan sangat mudah untuk kamu pahami. Bahwa agama memang mengarahkan kebaikan untuk umatnya. Menuntut ilmu diharuskan sejak kecil agar ilmu yang diserap dapat senantiasa diingat dan diamalkan sampai tua.

Kemudian didukung juga dengan kata-kata bijak yang berisi “bukanlah seorang anak yatim itu orang tuanya yang telah meninggal, namun sesungguhnya yatim itu merupakan yatim ilmu serta yatim akhlak”. Bahwa ilmu itu segalanya. Melebihi apapun. Untuk itu, menambah ilmu di setiap harinya akan dicatat pahala oleh Allah.

Kata kata bijak islam tentang ilmu pengetahuan adalah:
  • Tidak ada kata terlambat untuk mencari ilmu
  • Saat anda memiliki ilmu, anda harus mengajarkannya kepada orang lain.
  • Saat anda memiliki ilmu, gunakanlah ia untuk menciptakan sesuatu.
  • Ilmu adalah senter yang menerangi jalan kehidupan yang gelap.
  • Jadilah orang berilmu, agar anda, keluarga anda, dan lingkungan anda menjadi lebih baik.
  • Tidak ada kata berhenti untuk menuntut ilmu, karena setiap saat sampai kita meninggal kita selalu membutuhkan ilmu
  • Jika anda berhenti menuntut ilmu, maka anda akan tertinggal dengan orang lain.
  • Menuntut ilmu harus setiap saat. Tapi kita tidak harus sekolah terus menerus. Saat bekerjapun kita bisa memetik sebuah pengetahuan.
  • Motivasi untuk menuntut ilmu harus selalu dikembangkan, karenatanpa motivasi kuat, menuntut ilmu sangat berat. Tapi dengan motivasi yang tepat, menuntut ilmu akan terasa ringan, bahkan sangat ringan.
  • Jika anda selalu gagal melakukan sesuatu, itu artinya ada ilmu yang belum anda ketahui, tapi harus anda ketahui.
  • Jika harus memilih antara ilmu dan harta, maka pilihlah ilmu. Karena ilmu yang tepat bisa melahirkan harta.
  • Jika orang-orang dulu malas menuntut ilmu, maka kita masih berkeliaran dihutan berburu hewan dengan batu sebagai pisau.
  • Kita merasakan teknologi berkembang pesat. Renungkanlah bahwa hal itu tak akan tercipta tanpa peran orang-orang berilmu.
  • Jika engkau memiliki kekayaan, maka sisipkanlah sebagian untuk menuntut ilmu. Karena itu adalah investasi terbaik.

Kata kata bijak islam dalam kesopanan


Bukan hanya itu, kata kata bijak islam juga mengajarkan tentang bagaimana bersikap dan berbicara yang baik. Karena kamu-kamu anak muda yang masih banyak yang miskin kesopanan baik dalam berperilaku ataupun berbicara.

“tiap-tiap tempat ada kata-katanya yang tepat, dan pada setiap kata ada tempatnya yang tepat”. Sbeeuha kata kata bijak islam yang sangat menyentuh hati buat kamu yang mempunyai hati yang peka. Hati yang peka ini dibangun oleh kepercayaan atau keyakinannya kepada Allah dengan senantiasa mendekatkan diri padaNya serta didapat dari sosialisasi yang baik di lingkungan masyarakat. Kamu akan paham bagaimana cara berinteraksi yang sehat, tanpa menyinggung perasaan orang lain. Pada kata “kata” dan “tempat”pada kata bijak tersebut maksutnya adalah bahwa kita harus bisa membawa diri untuk menjaga kesopanan. Melalui gaya berbicaralah yang harus ditekankan dengan sebenar-benarnya.

Berikut kata kata bijak islam dalam kesopanan:

“Ketika semua dikendalikan oleh nafsu amarah, maka sopan santun akan mengobati situasi.”

“Sifat sopan akan menenangkan orang yang memandangnya, dan akan membawa kebahagiaan setiap telinga yang mendengar ucapannya.”

“Bersipat sopanlah kepada orang yang lebih dewasa, maka mereka akan memberikan anda pelajarna yang tak ternilai harganya.

“Bersifat sopanlah kepada orang yang marah pada anda, memang amarahnya tidak akan padam dengan semudah itu, namu merka akan merasa menyelas dan sulit untuk marah kembali kepada anda.”

“Kesopanan adalah cara orang lain untuk menilai anda, maka bersifat sopanlah kepada setiap orang.”

“Sopan santun adalah nilah utama untuk kesuksesan, banyak orang yang mengatakan sopan santun adalah hal utama untuk menjadi orang yang sukses.”

“Sifat sopan santun akan melahirkan perilaku yang baik, yang tidak akan merugikan orang lain, dan semua orang yang berada dilingkungannya terasa bagaikan surga”

“Berilah perilaku yang sopan kepada orang yang merendahkan anda, maka mereka akan sadar sendiri akan perilaku yang tidak baiknya”

“Sifat yang sopan santun akan melahirkan kebaikan disemua lingkungannya”

“Perilaku sopan harus ditunjukkan kepada setia orang, bukan hanya pada orang tua atau kepada orang yang lebih besar.”

“Perilaku sopan yang baik akan menjadikan orang lain terinspirasi untuk berprilaku sopan, dan mereka akan mengajak orang lain untuk berprilaku lebih sopan.”

“Seseorang yang sopan akan membawakan kedamaian padal ingkungannya dan keluarganya.

“Perilaku sopan santun akan membawakan sikap hormat, dan sopan santun akan memberikan rasa hormat dari musuh musuh.”

“Sopan santun akan menjadikan seseorang menjadi lebih tinggi, dan meninggikan martabah hidupnya.”

Serangkaian kata bijak Islam dalam ranah ilmu pengetahuan dan kesopanan tersebut harusnya ditelaah tanpa keragu-raguan. Dengan membutuhkan penjelasan dari orang yang lebih tua. Karena cermin “orang yang beriman itu, tidak akan memerlukan sebuah penjelasan. Begitu sebaliknya orang yang tak beriman tidak akan ada penjelasan untuk dipahaminya”. Jika sudah niat dalam hati untuk berbuat baik, maka niscaya semua arahan dari orang tua bukanlah hal yang menakutkan atau berat dilakukan.

Itulah kata kata bijak islam tentang kehidupan. Selain kata kata bijak islam di atas, lihat juga artikel kata kata bijak lainnya, seperti kata kata bijak cinta, dan kata kata mutiara bijak tentang kehidupan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share juga artikel ini ya!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kata Kata Bijak Islam Tentang Kehidupan Menyentuh Hati